Friday, August 8, 2014

Top 5 Drama Korea Yang Diangkat dari Manga dan Manhwa Populer

IDE cerita sebuah drama Korea bisa berasal dari mana saja, termasuk salah satunya adalah dari Manga -sebutan untuk komik Jepang- atau manhwa -sebutan untuk komik Korea- yang populer. Para kreator drama tentu saja mempunyai hak untuk penambahan atau pengurangan cerita pada manga atau manhwa tersebut setelah membeli lisensinya, Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan latar cerita dan juga kebutuhan drama yang berbeda dengan sebuah komik atau manhwa.
Berbagai drama populer pun lahir lahir dari adaptasi resmi ini. Cerita manga atau manhwa yang pada umumnya singkat dan tidak terlalu panjang membuat cita rasa khas saat diadaptasi dalam sebuah drama. Hal yang sangat tidak mungkin dilakukan oleh sineas sinetron kita yang sangat terpaku pada hasil rating. Misalnya sinetron Candy yang dibintangi Rachel Amanda dulu merupakan cerita yang sangat mirip dengan manga Candy-Candy produksi Jepang. Seiring kesuksesan sinetronnya, pada akhirnya, sinetron ini menjadi tidak jelas lagi arahnya.

Ah, kita sebaiknya fokus membicarakan drama Korea nya saja. Kalau tidak tulisan penghantar ini akan menjadi terllau panjang nantinya. Inilah daftar 5 Drama Korea yang diangkat dari sebuah manga atau Manhwa.

1. Boys Before Flowers

Siapa yang tidak kenal dengan drama Korea yang satu ini. Kisah 4 cowok tampan di sekolah elit Korea yang mempesona pasti banyak disukai oleh penonton. Boys Before Flowers diangkat dari manga Jepang populer bertajuk Hana Yori Dango yang merupakan hasil kreasi pemikiran dari Yoko Kamio. Dalam versi Koreanya tentu saja terdapat perubahan nama karakternya untuk menyesuaikannya dengan kultur Korea.

Ceritanya sendiri mengisahkan tentang Geum Jan Di (Goo Hye Sun) yang mendapatkan beasiswa di sekolah elit Shinwa. Sialnya, gara-gara keberaniannya menentang pemimpin F4 yang disegani di sekolahan, ia harus mendapat teror dari ketua grup ini, Goo Ju Pyo (Lee Min Ho). Untungya ada Yoon Ji Hoo (Kim Hyun Joong) yang selalu baik padanya. Ji Hoo juga merupakan salah satu anggota F4. Namun ia terkenal pendiam dan tidak suka dengan keramaian.

Awalnya Jan Di pun menaruh hati pada Ji Hoo. Namun akhirnya, perjuangan Goo Jun Pyo yang juga telah jatuh hati padanya berbuah manis. Perlahan, Jan Di pun bersimpati pada Jun Pyo yang dengan cara anehnya meraih simpati Jan Di.

2. Full House

Sudah tidak terhitung lagi, berapa kali Full House ditayangkan ulang oleh stasiun televisi kita. Bukti nyata dari kisahnya yang tidak bosan untuk ditonton ulang. Full House diangkat dari manhwa berjudul sama yang ditulis oleh Woon Soo Yoon.

Dalam drama Koreanya, Full House dibintangi oleh Song Hye Kyo dan Rain. Dikisahkan tentang Lee Young Jae (Rain), seorang aktor yang parlente dan tengah naik daun. Dalam perjalanannya ke Shanghai untuk pembuatan film terbarunya dengan artis lokal, ia dan Han Ji Eun (Song Hye Kyo) bertemu di pesawat. Han Ji Eun yang baru pertama kali naik pesawat dengan cuek bertanya ini itu bahkan memuntahkan makanan ke baju Young Jae. Dari sinilah “perjodohan” mereka sebenarnya telah dimulai.

Setelah Ji Eun pulang ke Korea, ia kaget karena rumahn Full House nya yang dibangun almarhum ayahnya telah dijual oleh sepasang sahabat karibnya – yang merupakan satu-satunya sahabat yang dia punya. Lebih kaget lagi, karena yang membeli adalah Young Jae lewat perantara manajernya. Karena kasihan dengan Ji Eun yang telah yatim piatu dan sempat jatuh sakit, serta tidak punya siapa-siapa (karena temannya kabur entah ke mana), Lee Young Jae menampung Ji Eun di rumahnya. Tapi ada syaratnya, Han Ji Eun harus mau bekerja sebagai pembantu — bersih-bersih dan memasak — karena Ji-eun juga harus membayar utangnya kepada Young-jae yang dipinjamkannya waktu di Shanghai.

Di sisi lain, Young Jae mencintai temannya semenjak kanak-kanak Kang Hye Won (Han Eun Jung) yang juga menjadi desainer Young Jae. Namun ia bertepuk sebelah tangan, karena Hye Won justru mencintai seniornya Yoo Min Hyuk (Kim Sung Soo) yang juga merupakan teman sepermainan Young Jae dan Hye Won sedari kecil.

Karena kesal cintanya ditolak, Young-jae melamar Ji Eun. Ji Eun yang tidak tahu apa-apa menolak mentah-mentah. Tapi ia luluh juga, karena ia diiming-imingi mendapatkan Full House. Ji Eun akhirnya setuju, karena perkawinan itu cuma kontrak 6 bulan, punya perjanjian tidak mencampuri kehidupan pribadi masing-masing, tidak ada kontak fisik, mendapatkan gaji sebagai istri, dan paling menggiurkan adalah mendapatkan Full House kembali. Perjanjian bisa batal– terutama hak mendapatkan Full House, jika membocorkan hal kawin kontrak ke pihak lain.

Sangat masuk akal, tinggal serumah, bertemu setiap hari,menumbuhkan benih-benih cinta di antara Lee Young Jae dan Han Ji Eun. Meskipun pertemuan terbesar mereka adalah bertengkar, tidak mampu menghambat tumbuhnya benih cinta di antara keduanya. Bahkan Lee Young Jae mencari-cari alasan untuk memperpanjang kontrak perkawinan menjadi 3 tahun.

Dalam perjalanannya, Han Ji Eun yang berprofesi sebagai penulis novel bertemu dengan Yoo Min Hyuk, orang kaya yang mempunyai perusahaan penerbitan. Bisa ditebak Min Hyuk yang sebelumnya acuh tak acuh dengan perempuan yang hanya mengejar-ngejarnya karena ketampanan dan kekayaannya, tergila-gila dengan Han Ji Eun yang polos.

Pertarungan pun dimulai. Yoo Min Hyuk yang geram melihat Lee Young Jae yang sering menyia-nyiakan Ji Eun karena sibuk mengejar cinta Hye Won, berusaha menyenangkan dan selalu menjadi tempat curhat bagi Ji Eun. Le Young Jae pun dibakar api cemburu, meski di sisi lain tidak mau melepaskan Hye Won. Sedangkan Hye Won memanfaatkan Young Jae sebagai pelarian setelah cintanya ditolak Yoo Min Hyuk. Ia bertekad menghancurkan rumah tangga sahabat karibnya itu dan membawa kembali cinta Lee Young Jae untuknya.

3.To The Beautiful You

Nah, ini salah satu drama Korea terbaru di tahun 2013 ini. Drama korea ini diadaptasi dari manga yang berjudul Hana Kimi oleh Hisaya Nakajo. Drama Korea ini dibintangi oleh dua bintang yang sedang bersinar yakni Choi Seol Ri (Sulli f(x)) dan MinHo Shinee. To The Beautiful You bercerita tentang seorang gadis yang menyamar menjadi seorang laki-laki karena sang idola Kang Tae Joon (MinHo) berhenti dalam olahraga lompat tingig yang selama ini digelutinya. Jae Hee akhirnya menyamar menjadi seorang lelaki dalam sekolah khusus laki-laki tempat bersekolahnya Tae Joon.

Awalnya tak ada yang mencurigainya. Sampai saatnya kakak Jae Hee datang dari Amerika. Tae Joon tanpa sengaja mendengar pembiacaraan Jae Hee dengan kakaknya. Dari sinilah, ia mulai menjaga Jae Hee dan menghindarkan Jae Hee yang ceroboh agar identitasnya sebagai seorang wanita tidak diketahui murid-murid yang lain.

4. Playfull Kiss

Di Indonesia, drama Korea yang satu ini lebih familiar dengan judul Naughty Kiss. Drama ini diadaptasi dari manga populer bertajuk Itazura na Kiss yang ditulis oleh Tada Kaoru. Playfull Kiss dibintangi oleh aktris cantik Jung So Min dan aktor tampan Kim Hyun Joong.

Kisahnya berkisar pada sosok gadis periang yang suka ceroboh dan pemalas, Oh Ha Ni (Jung So Min). Ha Ni masih duduk di bangku SMA ini jatuh cinta pada Baek Seung Jo (Kim Hyun Joong), siswa sekolahnya yang tidak hanya memiliki wajah tampan, atletis namun juga jenius lantaran merupakan satu-satu siswa yang selalu meraih nilai tinggi dalam semua mata pelajaran termasuk olahraga.

Tidak heran jika Seung Jo sangat populer di kalangan siswi di sekolahnya. Namun herannya  ia tidak peduli dan bahkan bersikap dingin kepada siapapun yang dianggap inferior. Termasuk pula pada Ha Ni yang cintanya ditolak mentah-mentah oleh Seung Jo. Namun suatu hari keadaan berubah drastis karena sebuah gempa membuat rumah Oh Ha-ni dan ayahnya yang baru dibangun itu roboh.

Hal itu memaksa Ha Ni dan ayahnya terpaksa menumpang tinggal di rumah teman dekat ayahnya selama rumah mereka dibangun kembali. Tak terduga teman dekat ayahnya yang baik hati itu tidak lain adalah ayah dari Seung Jo. Jelas saja keadaan tersebut membuat Ha Ni menjadi girang lantaran setiap hari bisa berdekatan dengan pemuda idamannya itu. Lain lagi reaksi Seung Jo ketika menyadari bahwa Ha Ni yang membuat dirinya risih itu serumah dengannya.

5. Flower Boys Next Door

Sama seperti To The Beautiful You, Flower Boys Next Door juga merupakan salah satu drama Korea baru yang tayang di tahun 2013 ini. Drama Korea yang satu ini diangkat dari manhwa online yang lebih dikenal dengan sebutan webtoon karya Yoo Hyun Sook.

Kisahnya dibuka dengan menampilkan keseharian Go Dok Mi (Park Shin Hye) yang mengunci dirinya sendiri dari pergaulan di sebuah apartement yang sudah usang. Setiap pagi Go Dok Mi selalu mengintip Han Tae Joon (Kim Jung San) yang tinggal di seberang apartement Dok Mi. Kamar mereka memang saling berhadapan, jadi Dok Mi selalu mengawasi gerak-gerik Tae Joon melalui jendela kamarnya.

Dok Mi menyebut Tae Joon adalah cinta pertamanya. Pertama kali Dok Mi bertemu dengan Tae Joon di sebuah taman. Sejak saat itu, Dok Mi diam-diam mengaguminya tanpa sepengetahuan Tae Joon. Awalnya Dok Mi mengira jika ia tidak akan pernah bertemu dnegan Tae Joon lagi, nyatanya takdir memihak padanya yang menempatkan Tae Joon di seberang apartementnya.

Di sisi lain, Oh Jin Rak (Kim Ji Hoon) yang tinggal di sebelah kamar Dok Mi diam-diam menyukai Dok Mi. Namun Jin Rak tidak pernah berani berkomunikasi dengan Dok Mi. Jin Rak hanya bisa menuliskan pesan di kotak susu yang selalu ada di depan pintu Dok Mi setiap paginya.

Sementara itu, Enrique Geum (Yoon Shi Yoon) adalah pemuda Korea yang sudah tinggal di Spanyol sejak usia 10 tahun. Ia kembali ke Korea berkaitan dengan pekerjaannya sebagai seorang pembuat games. Enrique mempunyai cinta pertamanya yaitu Yoon Seo Young (Kim Yoon Hye), malangnya, Seo Young malah menyukai kakaknya, Tae Joon.

Kepindahan Enrique di apartement kakaknya membuat hidup Dok Mi mulai berubah. Suatu hari, ketika Dok Mi sedang mengintai apartement Tae Joon, Enrique mendapati Dok Mi yang sedang melakukan pengintaian. Enrique langsung bergegas mendatangi kamar Dok Mi di seberang apartementnya. Enrique yang hanya mengenakan pakaian dalam dibalut dengan jaket panjang awalnya dikira sebagai penjahat seks oleh aparat keamanan. Untungnya salah paham tersebut dapat diselesaikan. Mulai sejak saat inilah, Enrique jadi sering mengganggu hidup Dok Mi.

Mereka semakin dekat saat Enrique memutuskan memilih Go Dok Mi yang berprofesi sebagai editor penyunting buku untuk menyunting buku yang akan diterbitkan Enrique. Bertengkar dengan kakaknya Tae Joon, Enrique pun malah tinggal dengan Dok Mi. Mau tidak mau, dengan terpaksa Dok Mi menerima Enrique sampai proses penulisan bukunya selesai.

Jin Rak yang mengetahui hal ini menjadi terbakar api cemburu. Ia akhirnya mengajak Enrique berbicara empat mata mengenai hal ini. Kemarahan Jin Rak sirna saat Enrique mengatakan akan membantu dirinya mendekati Dok Mi. Jin Rak pun terpaksa dekat dengan Enrique yang berjanji akan membantunya.

Saat akan pergi ke Spanyol kembali, Enrique mulai menyadari perasaannya pada Dok Mi. Ia pun memutuskan untuk tetap tinggal di sisi Dok Mi setelah mengetahui aksi Jin Rak yang memplagiat karyanya, Zombie Soccer dan menjadikan dirinya sebagai tokoh brengsek dalam webtoon yang sedang dikerjakan Jin Rak berjudul Flower Boy Next Door. Webtoon itu persis menceritakan tentang kisah mereka selama ini. Enrique pun memutuskan untuk mendapatkan Dok Mi karena merasa Jin Rak tidak lagi pantas untuk Dok Mi. 

Via: allaboutduniatv.blogspot.com 

Reshared by http://amalialuphonewkey.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa tulis nama kalian sebelum komentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

KAMSAHAMNIDA

Profile

My photo
Pangkalan Bun, Kalteng, Indonesia
Saya buat BLOG ini untuk berbagi dengan teman-teman penjelajah dunia maya.... WELCOME TO MY BLOG :)