Saturday, December 25, 2010

Kebiasaan Orang Korea

  • mereka itu kalo lagi kesakitan atau kesemutan demen banget jilat jari terus disentuhin ke hidung
  • Kebiasaan gendong orang mabuk ( habis disana ga ada bajaj sih.. jadi ya di gendong, naik taxi kan mahal.. banyakan sih mereka naik bus, tapi bus kan ga berhenti pas di depan rumah.. ya harus jalan, jadi orang mbknya di gendong.. kalo cari taxi juga kan ga bisa nyetop sembarangan kayak di Indonesia begini…)
  • Kebiasaan makan mi langsung dari panci (ke praktisan.. kebanyakan panci yang dipake adalah panci kuningan, which is lebih mudah dingin.. btw, mi korea itu enak banget loh.. lagian byar gax nyuci pirik 2X, panci + piringnya…dan katanya sih kalo makan lansung bersama dari panci akan terasa kekeluargaanya (apa coba)
  • Kebiasaan makan mi bunyi “slurps” (inilah membuat ako kadang2 sebel nonton film korea adalah ketika adegan makan..ampon dah..membuat lapar mulu..liat mereka makan dengan napsunya..aduh engga nahan deh )
  • Kebiasaan punya meja panjang ( kayaknya mereka itu respek banget sama pemandangan malam, seringkan ada adegan tiduran malam2 di musim panas dimeja itu sambil lihat bintang.. owww so sweetzz ( jadi pengen punya meja gituan dech )
  • Kebiasaan ngomong aigo ( mirip dengan orang chinese kalo ngomong aiyo atau aiya… mirip kita ngomong dengan akhiran “deh, kan, sih”
  • kebiasaan pegang telinga habis pegang panci panas (katanya sih telinga itu merupakan organ tubuh yang paling stabil suhunya..)
  • Kebiasaan mukul kepala (mukul kepala adalah hal yang lumrah di korea..denger2 sih kalo ortu disana dengen gebuk kepala anaknya biar pinter..apa coba adanya juga anaknya stress digituin..)
  • Kebiasaan sopan sama pembeli or pelanggan ( ako paling suka kebiasaan ini, jarang ada di Indonesia, hanya dengan beli es krim Korea seharga 10 ribu, dia bilang hati2 dijalan.. baik sekali ya… coba semua pedagang seperti itu)
  • Orang2 korea kalau makan pasti penuh banget dimulutnya ampe kesedek liatnya apalagi kalo mereka sambil ngomong pasti tuh mulut sampe monyong2..haha..yang lbh parah lagi kalo sambil marah..tuh makanan semua muncrat2 kasian banget orang yang di marahin..)
  • Kebiasaan gosok gigi (ako masukin ini sebagin kebiasaan mereka..karna dalam setiap film ato drama selalu ada adegan gosok gig..yah yg sambil ngomong ,nyanyi apalah segala macam..)
  • Kebiasaan kalo lagi kesal ngomongnya ditekankan pada satu kata, kesannya seperti orang pengen meludah.. mungkin karena kesal banget jadi pengen ngeludah ya…(ako pernah iseng nyobain kyk gini yg hasilnya ako kesedek sampe batuk2)
  • Kuat banget makan dan mabuk (tidak usah diragukan)
  • Kalau matiin HP batrenya langsung dicopot (denger2 HP disana engga ada tombol REJECT jadi cara tercepat adalah dengan mencopot batre)
  • Suka banget kalo lagi sedih pergi ke atap dan merenungi nasib (mungkin karna pemandangan disana enak kali ya)
  • Jarang mandi kalo lagi musim dingin (not sure about this..tp bisa aja secara korea kalo musim dingin..dingin banget boo)
  • Suka banget mecahin telor pake kepala (kagak jelas maksudnya apa tp yg pasti patut untuk dicoba)
  • Suka makan BAWANG PUTIH (dipercaya dapat menetralkan darah..biar engga darah tinggi gitu)
  • Kebiasaan makan yang panas2 (dengan ini banyak orang korea yang bhkan belum berumur 40 harus memakai gigi palsu karna gigi aslinya hancur)
  • Kebanyakan co korea tuh lebih perasa , romantis ,penyabar dan rapuh hatinya (?) daripada ce nya..(beda banget sama di indonesia)
  • Sumpit harus stanless steel gag boleh yang lain (ada sejarahnya mengpa mereka hanya mau menggunakan sumpit yang seperti itu
  • Orang Korea Selatan sering menyuguhkan minuman beralkohol sebagai penghargaan pada teman atau tamunya.. Minuman beralkohol merupakan hal yang biasa di Korea Selatan, baik untuk laki-laki dan perempuan
  • Orang Korea Selatan bertemperamen tinggi dan kasar terutama dengan orang yg menjadi bawahannya, mereka sering bicara keras seperti orang marah, diselingi makian dan kadang tangan memegang / mendorong kepala dimana hal tersebut dianggap hal biasa
  • Makanan yang disantap orang Korea Selatan umumnya banyak mengandung Babi
  • Makan di dalam kamar merupakan hal yang tabu, karena dipercayai membuat rezeki tidak akan masuk / menjauhkan dari rezeki …
  • Korea Selatan menegur atau membentak, kadang memaki bawahannya langsung saat itu juga bila melakukan kesalahan sekecil apapun (kadang belum tau salahnya apa jg sudah main bentak dulu, ini yg bikin kesel sama orang korea) Selesai marah atau dimarahi, tapi orang Korea Selatan tidak menyimpan dendam di hati, persoalan berhenti sampai saat itu juga.
  • Sebagian masyarakat Korea Selatan mempunyai pandangan bahwa bila kita minum bersama sampai mabuk maka tidak ada rahasia lagi diantara mereka dan mereka akan saling percaya dan bersahabat Untuk menghilangkan stress dan penat …
  • Budaya Operasi plastik yang dilakukan oleh orang2 dikorea… Di korea 75% Warganya telah melakukan operasi plastic
  • Warga Korea selatan dinobatkan sebagai warga paling stress di Dunia Whatt the?? 81% dari penduduk korea mengalami stress setiap harinya makanya banyak banget warga korea yang demen BUNDIR (Bunuh Diri) karena kehidupan korea yang keras
  • Orang Korea ketika bertemu biasanya membungkukkan badan sebagai bentuk sapaan. Saat seorang yang lebih muda/junior bertemu dengan yang lebih tua/senior harus membungkukkan badan, menyapa dan mendahului sebagai bentuk hormat. Sesama pria saat bertemu biasanya membungkukkan badan dan salaman. Saat salaman biasanya dengan kedua tangan atau dengan tangan kiri. Untuk wanita biasanya tidak bersalaman.
  • Di Korea ketika diundang bertamu, anda harus membawa sedikit hadiah. Saat menuangkan minum, botol arak dipegang dengan tangan kanan dan tangan kiri memegang bagian bawah botol. Orang yang mengajak bersulang harus mengangkat gelasnya lebih rendah dari orang lain, lalu menggunakan bibir gelas untuk bersulang dan pas menyentuh di bagian badan gelas orang yang diajak bersulang.Saat bertamu di rumah orang Korea jangan berjalan keluar dari ruangan dan melihat seisi rumah karena hal ini tidak disukai orang Korea.
  •  Orang Korea menerima hadiah dengan kedua tangannya namum hadiah tidak dibuka langsung di depan tamu. Di Korea hadiah terbaik untuk seorang pria adalah arak. Jangan menghadiahkan rokok ke orang Korea. Hadiah buat wanita Korea juga tidak boleh berupa arak. Terkecuali jika anda menjelaskan bahwa arak itu adalah buat suaminya.
  •  Saat duduk bersama dengan orang yang lebih tua, posisi duduk harus tegak. Meja makan orang Korea sangat rendah, oleh karena itu saat duduk harus bersila. Siapapun juga tidak diperbolehkan meluruskan kakinya atau merentangkan kakinya karena dianggap tidak sopan.
  •  Sebelum meminta izin, orang Korea tidak diperbolehkan merokok di depan orang yang lebih tua.
  • Adat istiadat Konfusianisme Korea memiliki sejarah selama ratusan tahun. Adat istiadat ini merupakan upacara peringatan untuk orang tua yang telah meninggal. Pada upacara peringatan, seluruh anggota keluarga berkumpul bersama, menyiapkan makanan dan menghormati yang telah meninggal. Biasanya anak laki2 tertua dalam keluarga yang merawat orang tuanya dan memimpin upacara semacam itu setelah kematian mereka.
  • Menurut adat, orang Korea cenderung menyukai anak laki2 dari pada anak perempuan. dan selalu percaya bahwa laki2 lebih unggul dari perempuan. Selain itu Konfusianisme melarang perempuan untuk menjalankan banyak peran, hal yang tampaknya masih mendorong diskriminasi gender terhadap perempuan. Walaupun perempuan di Korea sekarang ini banyak memainkan peran penting dalam setiap bagian kehidupan masyarakat, tapi mereka belum bisa menikmati status yang setara dengan laki2.
  • Di meja makan mereka akan menunggu sampai orang yang lebih tua meraih sendok di meja.
  • Ketika minum2an keras, mereka menghindarkan wajah agar tidak persis minum dihadapan wajah orang yang lebih tua dengan cara menggeser tubuh mereka sedikit kesamping
  • Sebagian besar orang Korea bekerja di sektor industri, dan sebagian di pedesaan masih bekerja sebagai petani. Dikarenakan iklim di Korea yang punya 4 musim, maka para petani tidak dapat melakukan kegiatannya sepanjang tahun. Biasanya di musim dingin, dimana area pertanian tidak bisa ditanami, mereka akan beralih sementara ke sektor industri, untuk kemudian kembali bertani pada musim panas dimana area pertanian telah siap kembali untuk ditanami.Namun seiring dengan kemajuan tekhnologi, berangsur2 kebiasaan ini pun mulai di tinggalkan. Sekarang sudah bayak area pertanian yang bisa ditanami walau di musim dingin. dengan menggunakan "Vinyl House", sayur mayur dan buah2an tetap dapat tumbuh walau musim dingin.
  • Orang Korea bangga dengan homogenitas atau keseragaman mereka. karena hal itu pula mereka tidak mudah menerima orang2 dari negara lain. Orang Korea biasanya menghindari orang asing dan hanya baru akhir2 ini saja perkawinan Internasional meningkat jumlahnya di Korea
  • Minum merupakan bagian yang sangat penting bagi orang Korea. Orang korea sering dan banyak minum. Terutama untuk menguraikan perselisihan/salah mengerti diantara rekan. Bar dan Rumah Minum2 (Sul Jip) buka sepanjang malam dan dapat dengan mudah ditemukan di kota2.
  • Orang Korea juga suka menyanyi. Ada banyak Karaoke (Norae Bang) disetiap jalanan. Rekan sekerja, teman2 dan keluarga sering pergi kesana dan menyanyi. Tidk terkecuali para remaja pula.
              Credit
              koreanwithajenk.wordpress.com
              raudatu-koreandrama.blogspot.com

              Reshared by http://amalialuphonewkey.blogspot.com/  

              1 comment:

              Jangan lupa tulis nama kalian sebelum komentar ^^

              LinkWithin

              Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

              KAMSAHAMNIDA

              Profile

              My photo
              Pangkalan Bun, Kalteng, Indonesia
              Saya buat BLOG ini untuk berbagi dengan teman-teman penjelajah dunia maya.... WELCOME TO MY BLOG :)