Tuesday, October 16, 2012

LIVE REVIEW: BIG BANG ‘GALAXY ALIVE TOUR 2012′

Mata Elang International Stadium, Ancol, Jakarta Jumat, 12 Oktober 2012.

One of the best or maybe the best K-Pop concert ever held in Indonesia.
Oleh: Hwangteja
 Akhirnya setelah berbulan-bulan lalu, saat promotor Big Daddy Indonesia mengumumkan Jakarta, Indonesia sebagai kota yang akan dikunjungi oleh Big Bang dalam rangkaian tur dunianya yang bertajuk Big Bang Galaxy Alive Tour 2012, konser Big Bang sukses besar diselenggarakan di Indonesia.Penonton yang sebelumnya sudah antri sejak pagi hari pun sudah berada dalam venue konser sejak pukul 18.00 WIB saat pintu masuk MEIS dibuka, dan akhirnya konser dimulai pada pukul 20.00 WIB dengan ditandai lampu dipadamkan dan jeritan serta teriakan penonton mulai menggaung di MEIS.
Konser diawali dengan video pembuka yang dilanjutkan tirai putih penutup terbuka, dan konser pun dimulai. Pada saat kain putih terbuka, lagu “Still Alive” dimainkan dan terlihat seluruh personil Big Bang yaitu T.O.P, G-Dragon, Taeyang, Daesung, Seungri muncul dan berada di dalam sebuah kapsul tabung yang yang berjejer di lantai pertama panggung konser.
Dengan menggunakan kostum ala marching band, Big Bang keluar dari tabung tersebut dan mulai menggebrak panggung dengan dua hits mereka, “Tonight” dan “Hands Up.” Setelah itu, Taeyang dan G-Dragon mulai menyapa penonton sebelum akhirnya menggebrak dengan lagu hit tahun ini, “Fantastic Baby” yang disambut dengan teriakan penonton “Boom Shakalaka Boom Skalakaka” yang merupakan salah satu bagian dari lirik lagu tersebut.
Baru tiga lagu dimainkan namun Big Bang sudah memberikan kejutan dengan confetti yang bertaburan saat tampil menyanyikan “Fantastic Baby.” Aksi Big Bang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “How Gee” dan “Stupid Liar”. Setelah itu, mulailah seluruh anggota Big Bang memperkenalkan diri mereka dengan menggunakan bahasa Indonesia.
Pada sesi perkenalan tersebut, salah satu personil Big Bang, Taeyang memberikan sebuah fan service yang sukses bikin teriakan penonton lebih keras lagi. Taeyang mengatakan, “Aku cinta sama kamu. Aku cinta padamu,” tapi Taeyang mengucapkan kalimat tersebut sambil melakukan human beatbox.
Konser Big Bang bukan hanya menampilkan lagu-lagu Big Bang semuanya, proyek� solo dan duet dari anggotanya juga ditampilkan. Yang pertama tampil adalah duo GD & TOP yang tampil menyanyikan dua lagu hits dari album mereka yang rilis pada akhir 2010 lalu. GD&TOP menyanyikan lagu “Knock Out” dan “High High”. Bukan YG Entertainment kalo tidak ajaib, pada lagu “Knock Out”, GD&TOP masuk ke dalam panggung dengan menggunakan mobil Boombox. Properti ajaib itu sukses bikin penonton kaget dan terpukau.

Selesai GD&TOP, giliran si bungsu Seungri yang tampil. Dengan berbekal tembakan laser hijau ditangannya, Seungri menggebrak panggung dengan dua lagu yang bertajuk “Strong Baby” dan “What Can I Do.”
Tidak hanya menyanyikan lagu Korea, Big Bang juga menyanyikan lagu berbahasa Jepang seperti “Gara Gara Go”. Dan setelah itu dilanjutkan dengan lagu “Number 1” dan “Caf�”. Selain itu, G-Dragon sempat menyanyikan sedikit dari lagu solo terbarunya seperti “Crayon” dan “One Of A Kind.”
Turun panggung, Big Bang muncul kembali dengan kostum putih-putih dan menyanyikan lagu “Bad Boy”, “Love Song”, “Monster”, “Blue” dan “Feeling.” Bahkan saat lagu “Blue”, penonton sudah mempersiapkan gelang dan lightstick berwarna biru dan sukses membuat venue menjadi bernuansa biru.
Setelah GD&TOP dan Seungri, Taeyang tampil menyanyikan dua lagu hitsnya “Look At Only Me” dan “Wedding Dress”. Bahkan, Taeyang memberikan sedikit service berlebih saat dia merobek kaos yang dipakainya dan melemparnya ke arah penonton. Penampilan solo anggota Big Bang ditutup dengan penampilan Daesung yang menyanyikan lagu “Wings”.
“Wings” merupakan sebuah lagu curhat Daesung setelah dirinya mengalami masalah berat pada 2011 lalu. Daesung menyanyikan lagu tersebut dengan kemampuan vokal yang stabil bahkan muncul dengan sayap malaikat di punggungnya dan terbang mengelilingi panggung.
Setelah diajak menari terus-terusan, Big Bang akhirnya mengajak untuk cooling down dengan menyanyikan lagu “Haru Haru (acoustic version)”. Sambil duduk, Big Bang menyanyikan lagu dengan lirik yang sedih tersebut tapi disambut dengan paduan suara penonton yang rata-raya hafal dengan lagu tersebut yang menjadi hits di akhir 2008 lalu.
Ternyata konser sudah akan selesai. Taeyang mengatakan, “We have a fantastic night. I love you, Indonesia! Thank you so much. We’re so happy to be here. I hope you guys having fun.” Akhirnya, Big Bang menyanyikan lagu “Lies” dan “Last Farewell” yang juga dihafal oleh banyak penonton. Bukan itu saja, penonton juga hafal dengan koreografi lagu tersebut. Setelah menyanyikan dua lagu tersebut, Big Bang melambaikan tangan ke penonton dan turun panggung.
Bukan meneriakan kata “Encore” atau “We Want More”, para penonton justru meneriakan kata “Saranghae” secara terus-menerus. Akhirnya, Big Bang muncul kembali diatas Panggung dan menyanyikan lagu “Heaven” yang diikuti dengan lagu “Bad Boy” dan “Fantastic Baby” yang dinyanyikan untuk kedua kalinya pada malam tersebut.
Akhirnya konser benar-benar berakhir dengan turunnya Big Bang dari panggung dan lampu venue mulai menyala kembali. Total lebih dari 23 lagu dinyanyikan oleh Big Bang dan penampilan solo dari anggota-anggotanya.
Konser ini merupakan salah satu atau mungkin konser K-Pop terbaik yang pernah diselenggarakan di Indonesia. Sistem tata suara yang bagus, produksi panggung yang menarik, interaksi Big Bang dan penonton juga sangat intim.
Satu hal yang membuat konser ini menjadi lebih baik adalah konser ini menampilkan musikalitas Big Bang yang tinggi. Tampil dengan iringan live band tidak mengurangi kualitas penampilan Big Bang. Bahkan penampilan seperti menjadikan pengalaman yang berbeda untuk penonton karena melihat dan mendengar lagu yang dinyanyikan dengan cara berbeda seperti yang ada dalam CD album yang dirilis oleh Big Bang sebelumnya.
Walaupun banyak lagu hits Big Bang dan hits dari karir solo anggota Big Bang yang tidak dinyanyikan, tapi pengalaman menonton konser Big Bang yang berlangsung selama 2,5 jam tersebut bisa menjadi pengalaman tidak terlupakan bagi para penggemar berat Big Bang, para VIP dan tentu saja untuk penonton yang penasaran seperti apa konser Big Bang dan mungkin akan membandingkannya dengan konser-konser K-Pop yang pernah dilihat sebelumnya.

One of the best or maybe the best K-Pop concert ever held in Indonesia.
Credit : Rolling Stone Indonesia
Reshared by http://amalialuphonewkey.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa tulis nama kalian sebelum komentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

KAMSAHAMNIDA

Profile

My photo
Pangkalan Bun, Kalteng, Indonesia
Saya buat BLOG ini untuk berbagi dengan teman-teman penjelajah dunia maya.... WELCOME TO MY BLOG :)