Sunday, April 24, 2011

About K-Pop Entertainment

1. Di korea mau jadi artis ga gampang, ada 2 syarat utama, tampang dan skill.. tapi skill nomer 1 karena penampilan bisa diubah

2. sekedar info SMent biasanya nyari 'calon artisnya' yg mukanya fresh, rambutnya bagus, gigi putih, dan double eyelids

3. kalau pengen di trainee jadi artis manajemen tertentu biasanya ada 3 tahap audisi yang harus dilalui

4. Umur 'calon artis' yg dicari biasanya antara 12-17tahun.. dengan waktu trainee yg panjang tapi sesuai sih sama hasilnya

5. untuk para trainer (calon artis yg belum debut) semua kebutuhan ditanggung manajemen tapi pas udah debut biasanya sistem pembagian hasilnya kurang fair, lebih banyak ke pihak manajemen.. itungannya bayar biaya selama si artis di trainee gitu

6. 3 Manajemen besar di korea, JYP Entertainment, YG Entertainment, SM Entertainment

7. penyanyi korea yg masih muda-muda (kayak kpop grup gitu) disebut IDOL disana

8. nah kalau grup-grup yang baru debut disebut rookie group dan biasanya ga terlalu di gubris orang korea sana

9. Rookie grup biasa debut di acara music populer di
korea, MNet Countdown, Inkigayo, Music Bank, dan
Music Core

10. kalo suatu grup/artis bisa menang 3 award dari
acara music yang populer tersebut, mereka disebut
Triple Crown

11. Artis wajib ngikutin schedule yg udah dibuat
manajemen selama 24 jam per 7 hari! makanya
mereka harus tinggal di dorm / asrama khusus

12. katanya nih wajah-wajah melayu susah kalo mau
debut di korea soalnya orang korea kurang suka
muka melayu (kyk muka org indo ><)

13. Menjadi penyanyi adalah harapan hampir 80%
orang tua di korea, karena kesuksesannya pasti luar
biasa

14. Korean fans itu loyal banget! mereka rela ngabisin
uang buat beli CD, poster, dan barang2 lainnya yg
berhubungan dg idol mereka

15. CD/Calendar/dan merchandise KPOP lainnya
adalah barang yg paling laris di korea.justru produk-
produk kayak kosmetik, baju, dll adalah nomer
kesekian buat mereka alias ga penting-penting
banget!

16. kebanyakan korean fans cuma punya 1 fandom /
fanbase / fansclub, ga lebih! paling banyak 2-3 deh..
mereka konsisten! kalo udah dari awal suka sama
satu grup, sampe kapanpun ga bakal ganti tp ttp ada
pengecualian.. misal fandom awal mereka ELF, sampe
kpnpun mereka ELF.. kalo misal suka Shinee jg, mereka ga akan menyebut diri mereka Shawol. paling
kalo sekedar suka mereka cuma nyebut diri mereka
Shinee's fans atau SNSD's fans bukan fandom! fandom
mereka cuma 1

17. karena ke konsistenan mereka itu, walopun ada
artis dihadapan mereka, mereka ga bakal peduli
kalau itu bukan bias / artis idola mereka! gitu juga
dengan K-Drama, mereka katanya cuma mau nonton
kalo yg main itu salah satu dari kpop grup favorit
mereka. jadi jangan heran kalo ketemu orang korea trus kamu tanya "kenal sama artis .... ga?" trus dia
jawab ga kenal pdhl artis famous

18. penjualan album KPOP juga pasti melunjak kalo
lagi comeback! biasanya 1 orang fans bisa beli lebih
dari 5 CD KPOP yg sama!! alasannya? karena
penjualan album kpop itu yg menentukan peringkat
kpop idol favorit mereka di chart seperti dosirak,
soribada, dll! menurut Korean Fans bukan fans beneran kalo ga bela-belain beli album idol favorite
mereka krn masuk korean chart penting bgt!!

19. Dikorea, ga cuma anak muda yg demen kpop, kalo
lagi fanmeeting jangan kaget tiba2 liat ahjumma / ibu-
ibu ikutan ngantri.

20. org korea cinta bgt sama budaya mereka, dan
artis2nya dlm kesempatan yg pas diwajibkan
mempromosikan apa aja ttg korea

21. kalo di SM audisi menuntut Skill dan Fisik, kalo di
JYP.. Selain 2 hal tersebut, nilai rapot juga ikut
menentukan lolos gak nya. waktu mau audisi di JYP
mereka wajib menunjukan rapot mereka, dan harus
ranking! Misalnya udah lolos audisi di JYP, tapi
beberapa waktu kemudian nilai rapotnya turun drastis, bakal dapet peringatan, setelah dapat
peringatan dan nilai rapot tetap rendah, maka siap-
siap dikeluarin deh dari jyp

22. di korea pernah ada pepatah "kalau kamu ga bisa
sukses dibawah SM Ent, berarti dibawah manajemen
manapun ga akan pernah sukses"

23. Persaingan para idol di korea itu kuat banget loh,
makanya mereka ga takut buat oplas sana-sini biar
ga kalah saingan. ga jarang ada artis yg bunuh diri
karena ga mampu bersaing dengan artis-artis lainnya
O.O

24. SME adalah salah satu perusahaan yang
berpengaruh di korea! karena artis dibawah
manajemen mereka biasanya slalu sukses

25. ada bebrapa manajemen yg mewajibkan artisnya
tinggal di dorm, kalo asli dr luar daerah, mereka harus
mau pindah ke seoul

26. Korean fans suka ngasih hadiah bintang buat
artisnya karena menurut mereka bintang itu abadi
dan bakal diingat terus :')

27. korean fans ga peduli idolnya oplas atau ga,
menurutnya yg penting gimana idolnya sekarang
bukan dulunya!

28. YG ga peduli penampilan seseorang, yg terpenting
skill nya bkn sekedar bagus tp Luar Biasa dan org
tersebut pekerja keras

29. perbandingan artis yg debut dan artis yg gagal
disaat bersamaan adalah 1:10Maksudnya kalo hari ini
ada 1 artis yg debut, berarti disaat yg sama ada 10
artis yg gagal atau dikeluarin dr manajemennya

30. korean fans ga ragu buat mendonasikan uang
mereka dlm jumlah besar buat fandom mereka,
makanya fandom sana kaya2 *Lha aku??

CREDIT:
src: hallyu ol, korea addicts, shiechul, stephanie on,
google, tumblr
written by plopipay@ksplash
re-share : ophiipantau@blogspot.com
amaliakey
~TAKE OUT WITH FULL CREDIT~

2 comments:

  1. fact no 2 : muka-ku cukup fresh , yah walaupun rambutku rada gaje & gigiku ga putih-putih amat , but I HAVE DOUBLE EYELIDS !!!! ^^
    Bakal di terima ga ya?haha #mimpiketinggian

    ReplyDelete
  2. bca noh nomer 12... Sakit atiii :(

    ReplyDelete

Jangan lupa tulis nama kalian sebelum komentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

KAMSAHAMNIDA

Profile

My photo
Pangkalan Bun, Kalteng, Indonesia
Saya buat BLOG ini untuk berbagi dengan teman-teman penjelajah dunia maya.... WELCOME TO MY BLOG :)