Monday, May 14, 2012

EXO – Mama MV Review

#1 Ada 12 tiang (?) atau semacam tower (???) di detik 01:35. Masing-masing tiang mewakili member EXO secara keseluruhan karena di bagian awal MV ditunjukkan bahwa di tiang itu ada simbol kekuatan dari masing-masing member. Walaupun yang keliatan hanya simbol Kai (SELALU), D.O dan Lay, tapi paling nggak sudah memberikan gambaran bahwa tiang-tiang yang ada 12 itu adalah representasi dari kekuatan yang dimiliki oleh masing-masing member.

Anyway, mumpung ngebahas tentang tiang. Lagi-lagi, SM kayaknya memang suka banget menggunakan ide yang sama dengan kemasan yang berbeda di setiap MV-nya. Kalau kemaren kita bahas background putih, sekarang kita bahas tentang dekorasi yang berdiri tegak lurus. Nah dekorasi yang berdiri tegak lurus yang kayak gini (maksudnya nggak identik, tapi tetep berdiri di belakang gitu) juga pernah digunakan SM (konsep dan idenya bukan dekorasi yang sama digunakan dua kali di MV yang sama) dalam MV The Boys. 

Kemudian ada juga di MV Perfection:

 

#2 Coba deh cek MAMA EXO K menit 01:40, 01:44, 01:45, 05:58, 05:58 menuju ke 05:59 (bedanya dikit banget soalnya, beberapa frame gitu–MV ini 1 detiknya ada 30 frame karena HD). Walaupun sebenarnya shot-shot ini berkesinambungan, tapi kalo misalnya diperhatiin,kesannya kayak nggak kontinyu :) Liat deh gambar di bawah ini:

 

Di menit 01:40, Posisinya adalah (dari kiri) Chen, Xiumin, Luhan, kemudian di tengah ada Kai dan di belakang Kai agak ke kanan (dari arah kamera) ada Lay). Tapi pas shot cut ke yang lain dan kembali ke shot berjubah, posisinya jadi berubah juga. Tiba-tiba jadi ada Chanyeol di sebelah Xiumin dan Lay mendongak dan berada di posisi yang berbeda dari sebelumnya.

Dan lagi, nggak sampe 1 detik dari detik dimana ada Chanyeol dan Lay yang berpindah posisi, di detik berikutnya di 01:45 Chanyeol ilang dan Lay kembali ke posisi awal di belakang Kai.

Kejadian yang sama juga berulang di detik terakhir yaitu 05:58, 05:58 menuju ke 05:59. Lay kembali berada di posisi yang ada Chanyeol di detik 01:44, tapi nggak sampe sedetik, Lay pindah lagi ke sebelah kanan, agak belakang D.O sedikit.

Kesannya gambarnya nggak nyambung dan Lay pindah-pindah. Padahal sebenarnya itu bedaangle kamera aja. Awalnya gue juga ketipu. Udah bahas panjang lebar pas di perhatiin ternyata cuma beda angle kamera. Perhatiin deh di gambar dibawah ini, Chanyeol nggak keliatan karena ketutupan Kai. Pantesan pas kamera dari samping dia keliatan ya? Hahaha Disini cuma kakinya doang yang nampak. Ketutupan Kai. Atau jangan-jangan dia pengen jadi kaki barongsainya? Pffftttt~~~~

>>>>
#3 (MAMA EXO K) Ada 6 lilin di menit 01:51, 7 mangkok lampu di 1 lampu gantung (ada 3 yang keliatan di menit itu tapi di menit 02:02 muncul lagi dan lampunya jadi ada 3) dan 6 diantaranya kecil yang ditengah-tengah besar. Nggak ngerti Suho dateng dari mana, soalnya pas di 01:51 yang jalan ke lorong itu cuma Bacon.

 

#4 (MAMA EXO K) Ada 19 tiang bendera yang terlihat di belakang D.O. di menit 01:55. Berikut 2 logo EXO yang secara aneh menempel di dinding, dan Kai menggunakan celana pendek EXO yang juga pernah digunakan oleh Lay waktu di Showcase. Bukan berarti celana yang sama, tapi motifnya sama.

 

#5 (MAMA EXO K) Kalau Suho pernah random nyeret meja belajar ke tengah padang ilalang dan rawa-rawa, sekarang astaga…. Please banget Sehun, kalau galau nggak usah serandom itu juga duduk sendirian di atas kursi di tengah-tengah tanah kosong. Kesambet loh ntar -__- 02:01

#6 (MAMA EXO K) Bahaya juga ya Chanyeol kalo jalan. Ninggalin jejak api. Tapi di menit 02:04 dia menunjukkan kalau dirinya warga negara yang baik dengan mengikuti rambu-rambu lalu lintas. Tidak boleh belok kanan, akhirnya dia jalan ke kiri. YAY!

#7 (MAMA EXO K) Gimana mungkin KAI nggak ganti baju di dua MV yang berbeda ini? Astaganaga ~~~ Celananya sih beda, tapi bajunya tuh mirip. Hahah~~~

#8 (MAMA EXO K) + (MAMA EXO M) Dibandingkan dengan yang lain, seperti biasa, visual selalu menjadi pusat perhatian. Oke, Kai selain mendapat gelar Dancing Machine, dia juga mendapat gelar sebagai member yang paling sering ganti kostum.

 

#9 (MAMA EXO K) + (MAMA EXO M) Walaupun Kai bisa berpindah-pindah tempat sesuka hati dia (dan secara kebetulan dia juga punya kemampuan mengganti pakaian secara instan semau dia), tapi pada kenyataannya di MV ini, Kai nggak nyamperin Kris, Xiumin, Lay, dan Tao. Ada alasannya:

  1. Kenapa dia nggak berteleport ke Kris? Karena Kris punya kekuatan naga. Kai kan barongsai. Barongsai kan naga jadi-jadian. Sedangkan Kris itu naga beneran. Bisa ngeluarin Api. Takut lah Kai sama naga asli. Takut disembur api, dicakar naga. Dan berhubung Kris juga bertampang kayak vampir, bisa jadi Kai takut digigit.

  2. Kenapa dia nggak berteleport ke Tao? Karena Tao bisa menghentikan waktu. Kai nggak akan bisa bergerak ketika memasuki daerah kekuasaan Tao.

  3. Kenapa dia nggak berteleport ke Xiumin? Karena Xiumin kekuatannya adalah Es, membekukan. Jadi Kai nggak berani. Karena dia nggak punya stok baju tebel. Punyanya kalo gak berlengan, telanjang dada, ya nggak pake baju. Takut kedinginan.

  4. Kenapa dia nggak berteleport ke Lay? Soalnya dia bukan Voldemort yang suka  minum darah unicorn. Karena Lay adalah jelmaan Unicorn. Jadi bingung gue sebenarnya yang vampir disini siapa sih? Kris atau Kai?

#10 (MAMA EXO K) Ada gerakan dance di mana gue pikir Kai telat bergerak di menit 02:34. Karena waktu merhatiin dance-nya Suho sama D.O, mereka berdua udah angkat satu kaki duluan sementara Kai terlambat. Hmmm… Masa sih Dancing Machine bisa salah gerakan? Eh ternyata pas cek live perform-nya, emang gerakannya seperti itu. Gilir-giliran. Hehehe.. Cuma kalo misalnya dilihat sekilas, kesannya Kai salah gerak gitu =3= Baru kali ini ngebelain Kai.

 

 

#11 (MAMA EXO K) + (MAMA EXO M) Selain di dinding tempat D.O. iseng menggetarkan bumi dan secara tidak bertanggung jawab menggetarkan mobil orang yang sedang parkir dengan sengaja, logo EXO dan tulisan EXO ada di cincin yang dipakai Kai, ornamen dinding waktu dance EXO M, celana Kai (yang di point ke 4), Lukisan Unicorn yang diraba-raba Lay, sabuk yang dipakai Kai, baju Baekhyun, tattoo nggak pentingnya Kai, baju Xiumin. Ada lagi yang nemu? XD

 

#12 (MAMA EXO K) Inget di postingan-postingan terdahulu gue sempat bilang kalau muka Suho berubah-ubah dan gue memberinya predikat The Man with 1000 Faces? Hehe… Kayaknya sekarang Suho udah tobat. Dia udah menentukan muka yang fix dan nggak berubah-ubah lagi pas di MV MAMA ini. Di MV ini bahkan Suho terlihat lebih tenang dan mukanya nggak setegang pas di History. Keliatan banget disitu mah tegangnya… Dan di MV MAMA ini Suho masih tetep dengan gaya Andalannya, pamer kepalan tangan dan cincin.

 

Bahkan disini mukanya keliatan jauh berbeda. Ya kan? :D

#13 (MAMA EXO K) Well oke, mungkin konseptor MV ini bener-bener kebawa-bawa sama MV lama… Bahkan tali jemuran itu masih dibikin kalung setelah Donghae, Yesung, Ryeowook, sekarang Suho jadi korban…

 

 

#14 (MAMA EXO M) Ada bagian yang gue nggak ngerti motivasinya apa. Yaitu waktu Kris yang emang hobi banget nongkrong diatas gedung terus kalo udah bosen, show-off loncat dari atas gedung, free style, pamer kalo bisa terbang. Cuma ya okelah kalo pamer dia bisa terbang, yang gue nggak ngerti itu, kenapa tiba-tiba dia kerasukan roket dan meluncur mencoba menembus langit tapi gagal dan akhirnya kepental? Kenapa?! Salah minum obat kayaknya -_-

 

 

#15 (MAMA EXO K) + (MAMA EXO M) Face-painting orang-orang ini mengingatkan kalian pada Kuburan Band nggak sih? Hahaha… Kalo nggak suka sama Kuburan Band, yaudah, band aslinya aja: Kiss. Walaupun Kiss ini seluruh wajah yah, kalo EXO cuma beberapa bagian aja. Ada yang keren banget dan menimbulkan kesan misterius-unyu-munyu-pecahkan-saja-gelasnya-biar-ramai gitu, ada juga yang kesannya kayak abis manjat pinang pas 17-an alias cemong sama oli.

 

 

 

#16 (MAMA EXO M) Lagi liat apa Kris? Posisi dance biar gak tabrakan yah? Hahah

 

 

#17 (MAMA EXO M) Waktu Luhan pamer kekuatannya, dia menerbangkan 19 bola-bola kristal. 10 di kanan (kamera) dan 9 di kiri (kamera). Dan waktu dia angkat satu bola di depannya, tampak seluruh member EXO yang sedang berdiri berbaris kayak di Teaser 8 (Sehun)

 

#18 (MAMA EXO K) + (MAMA EXO M) Suho bener-bener contoh Leader yang bertanggung jawab. Setelah membasahi kaca dengan kekuatan airnya, kacanya di lap lagi sama dia pake tangan (05:39). Kenapa disini Suho dipasangkan dengan Xiumin? Karena Es dan Air itu adalah dua elemen yang nggak bisa terpisah satu sama lain. Hehe… Karena Kristal Es yang jadi simbolnya Xiumin kan berasal dari air yang dibekukan… Dan kalau diperhatiin, emang itu Suho agak jahat sih sama Xiumin. Waktu Suho maen-maen Air di dunia atas, air yang dimaenin Suho malah netes-netes ke Xiumin. Ekspresi Xiumin lagi polos amat rumahnya bocor -_- heboh kek gitu. Marah-marah kek gitu. Kkk~

 

 

 

#19 (MAMA EXO K) + (MAMA EXO M) Narasi yang ada di awal MV kemudian muncul juga visualisasinya di dalem MV. Yang paling jelas keliatan sih bagian yang ”…shall now see the same sky but will stand on different ground. Shall stand on the same ground  but shall see different sky.” Pasti semua udah bisa nebak bagian yang mana… yap! Pas ending… Tapi ada juga tuh visualnya waktu Kai teleport ke tempat Baekhyun dan Suho :)

 

 

 

Nah dari dua gambar teratas sebenarnya bisa juga disimpulkan kalau sebenarnya dunia atas dan dunia bawah itu saling berkaitan satu sama lain. Kayak misalnya ada adegan dimana Chen megang tanah terus tanahnya nyetrum, kalo gue pikir itu adalah saat yang sama ketika D.O menginjakkan kakinya dan bumi bergetar. Kalo Chanyeol sama Kris kan udah keliatan hubungannya sama-sama Api (di China Naga itu Emperor-nya, Phoenix itu Empress-nya, jadi kayak Yin-Yang gitu–from tumblr). Trus Suho sama Xiumin juga udah. Nah Baekhyun sama Lay nih yang gue bingung hubungannya dimana waktu mereka berdua saling tatap di kaca. Sebenarnya kekuatan Baekhyun itu selain mengeluarkan cahaya, bisa mengubah kaca sebagai media ngintip rumah orang juga ya? Hmmm… Padahal Lay kekuatannya adalah healing.Nggak berhubungan langsung sih sama cahaya. Kecuali kalo mau dihubung-hubungin maksa kayak misalnya tanpa cahaya matahari nggak akan ada kehidupan dan kesehatan sih iya (kenyataan kali bukan maksa… alalalalala).

Lalu di cerita narasi kan dibilang “The day the ground beget a single file before one sky in two worlds that seem alike, the legends will greet each other.” cuma kok ya kesannya Kai bisa ketemu dan greet each other kapan aja yaa…

#20 (MAMA EXO M) Rambut Chen waktu dance part yang setting-nya di Planet EXO, poninya warna ijo. Hmmm… warna fandom ya? Kkk~ (02:26, dst)

 

#21 (MAMA EXO M) 02:02 ada 12 cermin di atap, di atas Lay dan Xiumin.

 

#22 (MAMA EXO K) Ada part dimana Sehun dance pake baju putih kemeja yang kesannyasimple banget (02:51). Kayaknya memang mereka lebih keren deh kalo style nya nggak macem-macem. Sama hal-nya dengan Baekhyun yang akan tampak lebih baik kalau nggak pake eyeliner.

 

#23 (MAMA EXO K) 05:44 Baekhyun berasa Power Ranger banget gak sih itu… Kkkk~

 

#24 Idealnya, masing-masing member ada simbol yang melekat di tubuh mereka. Kayak misalnya cincin-nya Chen, trus jaket-nya Lay ada gambar Unicorn-nya, trus juga Suho ada simbol elemen Air yang dulu pernah ditemukan Chanyeol di sebuah batu dan sebuah buku di MV What Is Love, Kris juga ada di gelangnya, trus Chanyeol di kalungnya, Xiumin ada di jas-nya juga. Yang lain? Coba deh perhatiin baik-baik ada di sebelah mana :p

 

#25 Kesannya dua dunia yang berbeda ini sudah sangat modern sekali ya? Kkk~ Bahkan Kris terbang-terbang dan loncat-loncat di skyscraper.

 

#26 Gambar ini mirip deh sama simbol-nya Kai.. #eaaaa #menjurus #gakmaudibahas #capek #bosen #basi

 

 

#27 MAMA di lagu ini berarti “Yang Mulia”. Kalau mau ambil dari sudut pandang positif, karena emang lagunya juga menggambarkan kritik sosial yang ingin mencapai kehidupan yang positif, MAMA disini bisa berarti Tuhan. Tapi ya kalo di kait-kaitkan sama Tuhan lalu konsep MV yang kayak gitu (apalagi di bagian awalnya) kesannya kok ya kayak gimanaaaa gitu ya…

 

Mini-Album MAMA ini berisikan 6 buah lagu yang semua lagunya kecuali Title Song”MAMA” adalah kompilasi dari lagu-lagu yang sudah ada sebelumnya (di teaser dan prologue). History dan What Is Love tentu saja adalah bagian dari mini-album ini, sementara 3 lagu lainnya adalah Two Moons, Machine, dan Angel. 

 

Walaupun What Is Love itu tipe-tipe SM The Ballad ”Hot Times” dan TVXQ ”Before You Go”, tapi Baekhyun, D.O., Chen dan Luhan menyanyikannya dengan gaya mereka sendiri (ya masak mau pake gaya lilin Miss A nyanyinya, susah juga ngeluarin suara sambil posisi begitu.) Masing-masing lagu dialihbahasakan sesuai dengan sub-grup. Jadi K menyanyi dengan bahasa Korea dan M menyanyi dengan bahasa China (Mandarin).

 

Sejauh ini, karena 3 track awal di mini-album ini adalah lagu-lagu juara yang dibuat oleh Yoo Youngjin dan beberapa orang komposer musik terkenal lainnya, jelas History, What Is Love dan MAMA jadi track andalan. Tapi nggak bohong deh kalau lagu Angel (너의 세상으로)  ini nagih banget setiap dengerinnya. Gue bersyukur SM memutuskan untuk mengikutsertakan lagu ini di dalam Mini-Album pertama. Dengan begitu komposisinya jadi rata: 2 lagu rap, 2 lagu ballad, 2 lagi K-Pop dangdut. 

 

Well, istilah K-Pop dangdut disini berarti adalah lagu-lagu yang kalau misalnya didengerin akan memaksa lo buat meniru gerakan-gerakan dance mereka (Sorry, Sorry, Bonamana, Mr. Simple, Genie, Hoot, dll). Kadang-kadang istilah K-Pop Dangdut juga gue gunakan untuk lagu-lagu racun yang emang ada unsur gendang-nya (A Man In Love, Maximum, dll).

 

History dengan No More Shakin’ Your Pocket Like That-nya, What Is Love dengan Seluruh Dunia Get In Slow Motion-nya, lalu MAMA dengan Pemujaan Fir’aun-nya. Angel menawarkan sebuah ballad ringan yang nggak cengeng. Yang penting lagi, di lagu Angel itu SUHO juga ikutan jadi main-vocal nya bareng D.O dan Baekhyun. Terbukti, dorkyleader with 1000 faces memang bisa nyanyi xD Sayang, yang lain cuma kebagian lirik, “WOOYYY” sama “EEEEYYY” di belakang. 

 

Baekhyun: “neo-eui sesange-ro~”

Kai: “WOOOYYY”

Suho: “neo-eui sesange-ro~”

Chanyeol: “EEEEYYYY”

D.O.: “neo-eui sesange-ro~”

Sehun: “EEEEYYYY”

 

Two Moons memberikan penjelasan tentang kemampuan rap Chanyeol dan Kris yang oke banget walaupun gue agak kecewa kenapa lirik ”Rolling like a buffalo…”-nya harus gak ada, padahal pas pertama denger lagu itu yang dicari ya lirik itu. Lalu di Two Moons ini kenapa bagus juga ya karena KEY! :D Lagu terakhir, Machine juga keren banget :) Tetep dengan lirik diulang-ulang “Ma ma ma ma machine~” Ada MAMA MAMA juga ya disitu btw.

 

Ada banyak lagu yang muncul di teaser yang nggak masuk ke mini-album. Mungkin karena kalo misalnya EXO langsung keluar dengan full-album kesannya terlalu gimanaaaa gitu ya… Tapi gue nggak sabar juga buat dengerin semua lagu yang udah di rekam EXO dan tinggal nunggu di rilis. Kecewa berat Baby Don’t Cry itu nggak masuk di mini-album T___T Karena semua lagu di mini-album nggak ada yang galau-cengeng :( Padahal SHINee aja minimal ada 1. But yeah, mari terus mendukung EXO !!! *udah gatau lagi mau nulis apa*

 

Beberapa kali nonton MV MAMA dan menemukan satu lagi yang lucu, ini juga karena dikasi tau sama @chi2chokyulate sih… Di belakang D.O., di belakang 19 tiang bendera itu, ada mas-mas nyasar melintas… Mungkinkah itu… Hmmm… Mau nyebut Kai tapi nggak bisa, soalnya dia muncul di depan D.O. pas detik yang sama…

 

Masih di tempat yang sama, gue jadi penasaran, kira-kira kalau misalnya gue jadi D.O. dan Kai jadi Barongsai, apa ya yang mereka omongin di adegan itu? Apa ya yang dipikirn D.O. waktu ngeliat Kai muncul? Hmmmm….

….

 

Lalu bagaimana dengan yang lain? Kalo gue jadi Baekhyun dan Suho pada saat yang bersamaan dan Kai tetep jadi Barongsai, apa yang akan mereka pikirkan ketika Kai muncul ditengah-tengah keharmonisan hubungan di koridor kosong itu?

……

 

Tetep, menurut gue yang paling kasian itu Sehun. Pada tau nggak sih kenapa dia harus duduk di kursi begitu? Gak tahu? Sama gue juga nggak tahu sih. Tapi kemungkinannya cuma ada 2:

 

  1. Sehun lagi diare dan tanpa sengaja buang air besar di kursi itu jadi malu kalo misalnya dia berdiri nanti belepotan.

  2. Kursinya di kasi lem alteko sama Kai, jadi Kai dateng buat ngejekin dia semata.

Kalau misalnya gue jadi Sehun dan Kai masih tetep jadi Barongsai, dunia ini akan jadi begini:

…. 

*meninggal

*kesamber Chen

*salah tembak anonymous

*ketusuk pedang Tao

*disembur naga Kris

*kebakar Phoenix Chanyeol

 

-END-

-ANTIKLIMAKS-

Klik untuk melihat EXO POWER

EXO MAMA The Series

Thank U So Much : @ronzzykevin

Via : http://www.kaoskakibau.com

Reshared by http://amalialuphonewkey.blogspot.com/

7 comments:

  1. Kocak mbak blognya, lumayan bikin saya ketawa2 pas baca :))

    Kayaknya hubungan light sama healing itu dibawa dari game rpg deh, soalnya kalo keahlian healing itu biasanya diasosiakan dengan atribut cahaya/holy/suci, cem priest/pendeta-pendeta gereja gtu. Soalnya kan pendeta-pendeta gereja suka ada yang bisa nyembuhin orang.. dan formula elemen light sama healing itu adalah formula yang paling sering dipake sama game2 rpg hehe.
    *pecinta game rpg :p

    ReplyDelete
  2. itu copas dari blog kaoskakibau.com yaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, itu ada source nya ....

      Delete
    2. kenapa ya kai dipanggil barongsai???

      Delete
  3. Natasa Arirahma24 July, 2012 20:50

    ngakak bagian komik Gak jelasnya itu loh....
    dari tadi pas kai datang eh dimaki maki bwahahahah...!! XD
    ngakak eonni.... ^^

    ReplyDelete
  4. keren banget deh. bikin gue ngakak pas baca bagian Kai sampai-sampai gue sakit perut. Apa gue kualat kali ya? tapi yang gue bingungin itu pas dibagian 26 apa hubungan dengan MVnya? gue jadi rada bingung? tapi TOP deh

    ReplyDelete

Jangan lupa tulis nama kalian sebelum komentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

KAMSAHAMNIDA

Profile

My photo
Pangkalan Bun, Kalteng, Indonesia
Saya buat BLOG ini untuk berbagi dengan teman-teman penjelajah dunia maya.... WELCOME TO MY BLOG :)